Selamat Datang di Website Resmi Gerakan Rakyat Anti Pemiskinan Jakarta

Jumat, 08 Agustus 2008

Penandatangan Kontrak Kerjasama Kemitraan dengan Koalisi Garap Jakarta


Kemitraan bersama dengan koalisi Gerakan Rakyat Anti Pemiskinan Jakarta (Garap Jakarta) melakukan kerjasama dalam sebuah program bernama "Voicing of the Poor: Articulating the Rights of the Poor in the Public Service in DKI Jakarta Province". Program ini sudah dimulai sejak awal Januari 2008.

Dengan kegiatan pembuka yakni memetakan isu-isu krusial di Jakarta dalam jangka waktu 5 tahun pasca pilkada langsung. Dari hasil diskusi yang melibatkan banyak stakeholder mulai dari kalangan Universitas, Pemerintah Daerah, Masyarakat dan juga kalangan NGO ini dihasilkan salah satu common issues yakni permasalahan pelayanan publik yang kurang dapat dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat miskin. Pelayanan publik ini akhirnya mengerucut pada sektor Pendidikan dan Kesehatan sebagai sektor yang sangat penting sebelum pembangunan sektor yang lain.

APBD DKI Jakarta tahun 2008 mencapai 20,5 Triliyun lebih sedangkan anggaran untuk pendidikan dan kesehatan dirasa masih sangat kurang. Anggaran pendidikan hanya 11% sedangkan anggaran Kesehatan hanya 6%.

Melihat kondisi tersebut, Kemitraan menyusun sebuah rencana aksi dengan metode Citizen Report Card. Citizen Report Card adalah informasi yang berisi penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik. Informasi yang dimuat dalam CRC meliputi: Penilaian mengenai kepuasan, akses, responsifitas lembaga pelayanan publik, tarif, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam membayar jasa pelayanan publik.

Bersama dengan koalisi Garap Jakarta yang diwakili oleh PATTIRO sebagai leading institusi dari program kerjasama dengan Kemitraan ini, program sudah mulai berjalan efektif bulan Agustus 2008. program ini direncanakan akan selesai pada bulan Desember 2008.

Penandatangan kontrak sendiri dilakukan oleh Dini Mentari (Direktur Eksekutif PATTIRO) mewakili koalisi Garap Jakarta dengan Mohamad Sobary selaku Eksekutif Director Kemitraan pada hari Senin tanggal 21 Juli 2008 bertempat di ruang Papua lantai 15 Kantor Kemitraan.

Pada bulan Agustus ini, FGD pendahuluan sudah dilaksanakan di kantong-kantong kemiskinan di DKI Jakarta guna mengumpulkan permaslahan yang dihadapi warga dalam hubungannya dengan pelayanan publik yang mereka dapatkan dibidang Pendidikan dan Kesehatan. hasil dari FGD pendahuluan ini selanjutnya akan dibawa ke FGD ditingkat Propinsi untuk selanjutnya akan digodok oleh Tim CRC menjadi questionnaire dalam Survey CRC yang akan dilaksanakan pada bulan September 2008 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1429H.
 

1 komentar:

Endah Rosriani Apriliani mengatakan...

Aslm. Wr Wb
Saya sangat mendukung segala aktivitas yg mendorong pemberdayaan masyarakat.
Maju terus dan kita perjuangkan hak orang terpinggirkan

 
© 2008 free template by kangrohman modification by agungwasono