Selamat Datang di Website Resmi Gerakan Rakyat Anti Pemiskinan Jakarta

Sabtu, 13 September 2008

Daftar Nama Anggota Kaukus DPRD DKI Jakarta

Launching Kaukus DPRD DKI Jakarta untuk Anggaran Pro Rakyat Miskin (Feb, 2008)

Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan di Indonesia pada tahun 2005 – 2006 menginisiasi terbentuknya Kaukus parlemen di 5 provinsi di Indonesia yakni di Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Sulawesi Tengah. Kaukus perlemen diinisiasi sebagai salah satu bentuk keperpihakan anggota legislatif kepada rakyat dan terlepas dari baju partai ataupun fraksi.

Kaukus parlemen adalah wadah bagi anggota legislatif secara individu yang mau dan peduli terhadap perubahan yang lebih baik. Kaukus dibentuk sebagai salah satu solusi desakralisasi terhadap institusi negara seperti DPRD dan juga wadah yang lebih cair tanpa harus terikat dengan birokrasi yang kadang berbelit-belit. Selain tentunya sebagai alat mendekatkan wakil rakyat dengan rakyat yang diwakilinya.

Anggota Kaukus juga dipilih berdasarkan assesment yang dilakukan oleh kemitraan bersama dengan LSM setempat dan dipilih anggota yang bersih dan belum pernah terlibat dalam kasus korupsi ataupun perilaku politik yang melanggar etika dan norma yang berlaku di masyarakat.

Pada tahun 2007 – 2008, Kemitraan bekerjasama dengan Seknas FITRA kembali menginisiasi Kaukus Parlemen di DKI Jakarta. Setelah melalui proses yang panjang, maka terjaring 30 anggota DPRD DKI Jakarta yang bergabung dengan Kaukus ini. Anggota Kaukus ini berasal dari hampir semua fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta kecuali Fraksi PKS.

Banyak program yang dilakukan dalam rangka penguatan Kaukus parlemen ini, diantaranya yakni training anggaran, pertemuan dengan konstituen, advokasi APBD, dan juga assistensi penuh kepada anggota Kaukus dalam rangka perjuangan terhadap anggaran yang pro terhadap rakyat miskin terutama anggaran pada sektor pendidikan dan kesehatan.

Berikut daftar nama dan kontak person dari 30 anggota Kaukus DPRD DKI Jakarta, sampaikan aspirasi dan laporkan penyalahgunaan anggaran kepada anggota Kaukus dibawah ini: (klik pada gambar untuk memperbesar)

Tidak ada komentar:

 
© 2008 free template by kangrohman modification by agungwasono